SEJARAH

Bismillah La Haula Wa Laa Quwwata Illa Billah..Semoga menjadi Jawaban atas Kegundahan akan sinergi bisnis/usaha Alumni Pondok Modern Gontor..

Alhamdulillah Deklarasi ‪KOSAGON telah dilangsungkan di Jakarta 12 Juli 2015 Masehi yang bertepatan dengan 25 Ramadhan 1436 Hijriyah. Dengan dihadiri oleh Pejabat Kementerian Koperasi dan UKM RI dan lebih dari 25 Anggota Pendiri (lintas daerah) sebagai prasyarat Rapat Pendirian Anggota Koperasi tingkat Nasional. Termasuk perwakilan Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) turut serta.

KOSAGON adalah kepanjangan dari “Koperasi Santri Alumni Gontor”. KOSAGON diinisiasi oleh Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor (IKPM) Cabang Jakarta dengan Himpunan Pengusaha Alumni Gontor (HIPAG). KOSAGON mempunyai visi dan misi menjadi wadah bagi Alumni Gontor untuk berwirausaha, dengan badan hukum koperasi yang legal dan syah. Badan hukum usaha ini diperlukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap pemerintah (ulil-amri) dan melancarkan segala sesuatunya dalam menjalankan usaha wa bilkhusus di jakarta yang sangat ketat aturan mainya.

KOSAGON embrionya memang dilahirkan dari Jakarta, dengan izin Allah akan berkembang ke seluruh daerah lainya se-Indonesia dan bahkan Seluruh Dunia. Cita-cita besar dan mulia ini justru berawal dari kegalauan dan harapan pengurus divisi wirausaha IKPM Jakarta dalam rapat kecilnya untuk merealisasikan program kerja yang ada, disambut baik oleh alumni senior pengusaha HIPAG bervisi sama dengan aksi nyata. Ide ini dimatangkan kembali oleh tim 12 orang perumus dan penyusun –

pendirian KOSAGON. Hingga akhinya, pada tanggal 12 Juli 2015 KOSAGON secara resmi diluncurkan. Setelah peluncuran, Alhamdulillah mendapatkan sambutan luar biasa dahsyatnya dari Para Alumni Gontor dan IKPM lainnya. Idza Sodaqol’azhmu Wadohassabiilu.. Allahu Akbar!

Semoga KOSAGON terus berkeriap melayani pasar dan mengorbitkan usaha alumni Gontor dengan unit usaha lainya yang terakomodir dalam koperasi simpan pinjam syariah, koperasi jasa, koperasi konsumsi, koperasi distribusi dan koperasi produksi. Semoga Allah meridhoi dan melindungi Amin.